cara membuat pakan lele dari kotoran kambing, ayam dan sapi

Di posting oleh MARGHARETHA pada 10:25 PM, 13-Jun-13 • Di: perternakan , ternak lele

cara membuat pakan lele dari kotoran kambing, ayam dan sapi

lele-organik.jpg

selamat sejatera buat pembaca semua dan pada kesempatan kali ini saya akan share cara membuat pakan lele organik dari kotoran kambing, sapi dan ayam, dan yang terpenting tentu nya bisa mengirit biaya pakan

tapi sebelumnya saya ingin memberitahukan kepada anda bahwa di daerah ku tinggal akan di adakan pemilihan kepala desa atau lurah yang sebentar lagi akan di laksanakan tepatnya di desa bangun rejo kidul kejamatan kedunggalar kabupaten ngawi , untuk itu saya mohon do'a nya semoga pemilihannya berjalan lancar, aman dan kondusif tanpa masalah sedikitpun.

sesuai judul postingan di atas, saya akan memberitahukan cara membuat pakan lele organik dari kotoran kambing sapi dan ayam, dengan mudah dan gampang.

dan perlu anda ingat lagi bahwa disini saya bukan bermaksut sok pintar atapun menggurui, saya hanya memberitahukan apa yang saya tahu saja.

okelah kalau begitu langsung ke topik saja

Tahap kesatu :

- Penebaran benih kedalam kolam yang telah berisi air (tahap awal, kedalaman air tak lebih dari 30cm) yang sudah dikondisikan cukup untuk pesediaan pakan selama 29 hari berupa plankton. Sarana pembuatan plankton dengan bahan dasar kotoran ternak dan ampas tahu atau sayur limbah yang telah difermentasi lalu dimasukkan dalam karung goni yang tertutup rapat sebanyak 6 karung, Kemudian 6 karung tadi dimasukkan dalam air, untuk memicu pertumbuhan plankton sebagai makanan alami ikan.

Setelah 15 hari dalam kolam, maka air kolam telah dipenuhi oleh plankton yang cukup untuk persediaan pakan alami sampai 29 hari.

Jangan lupa, sehari sebelum benih ditaburkan, larutkan SOC atau pakai yang lain nya yang menurut anda bagus, kalau pakai SOC perbandingan : per 2 m3 dengan 1 tutup botol. tapi kalau pakai yang lain saya kuarang tau.

soalnya saya pakaii soc

Tahap kedua :

- Setelah 15 hari, maka kolam telah siap ditaburi benih. Lakukan beberapa hal untuk proses penebaran benih sebelum masuk ke air kolam, adalah sebagai berikut :

Siapkan air secukupnya dalam 3 ember/timba.

Ember/Timba yang pertama, larutkan formalin atau alcohol 20%.

Ember/Timba yang kedua, larutkan SOC dengan dosis 1cc SOC : 2 ltr air

Ember/Timba yang ketiga, isilah dengan air kolam yang akan diisi benih.

- Siapkan benih yang akan ditebar, angkat dari air dengan saringan ikan.

- Secepatnya celupkan ke dalam air larutan formalin/alcohol 20%

- Lalu celupkan pada ember ke 2 dengan larutan SOC HCS, lalu angkat

- Masukkan ke dalam ember ke tiga yang berisi air kolam dengan tujuan agar benih secepatnya bisa menyesuaikan diri dengan suhu air kolam.

- Masukkan perlahan ke dalam kolam pembesaran.

- Anda tak perlu memberi makanan apapun sampai 29 hari, kecuali menaburkan SOC HCS pada minggu ke-2 dan ke-4.

- Setelah umur 29 hari, angkat ke enam karung tersebut dan ganti dengan yang baru, dan kedalaman air ditambah sekitar 20 cm.

Tahap selanjutnya, Pemberian pelet buatan dari kotoran ternak, ampas tahu, bekatul, dedaunan dan difermentasi dengan SOC HCS selama 24 jam untuk pellet apung. Pemberian pellet buatan ini bisa dilakukan sampai panen.

Tahap berikutnya adalah masa pemanenan lele organik. Lele organik siap dipanen pada minggu kedelapan. Cara pemanenan lele organik sama halnya dengan pemanenan lele biasa alias tidak ada perlakuan khusus.

sebenernya cara membuat pakan lele organik sangat mudah sekali. Pertama tama Kumpulkan limbah kotoran ternak ke dalam bak yang dicampur air beserta bactery starter SOC.

mengapa saya menulis SOC? Kerena saya menggunakan itu. Dan kalau anda pakai merk lain juga bisa contohnya EM4 dan sejenisnya, dan kegunaan EM4 atau soc adalah untuk mempercepat proses penguraian kotoran ternak. Dan Selang sehari kemudian, dengan proses fermentasi, kotoran ternak yang telah ditambah dengan beberapa bahan untuk menjamin cukupnya asupan Gizi pada Ikan.

dan cukup segitu dulu bila anda kurang paham silakan tanyakan di kolom komentar saya akan menjawab sebisa saya, dan bila ada yang salah dalam penulisan mohon di maklumi,, maklumlah lulusan sd.. Heheh dan akhirnya saya ucapkan, sampai ketemu lagi di artikelku yang selanjutnya

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

43 tanggapan untuk "cara membuat pakan lele dari kotoran kambing, ayam dan sapi"

Rochman.sure1@gmail.com pada 06:26 AM, 02-Sep-13

Untuk pormalinnya dosis ukuran per liter airnya berapa gan?

MARGHARETHA pada 09:08 AM, 03-Sep-13

di sesuaikan saja gan

Rochman.sure1@gmail.com pada 01:41 PM, 09-Sep-13

Emang kalau dosis pormalinya kebanyakan, gak bahaya?, apa pormalin msh terjual bebas?

MARGHARETHA pada 02:00 PM, 09-Sep-13

@Rochman.sure1@gmail.com,
kalau ragu bisa di ganti alkohol....

juhdi epindi3@g mail com. pada 01:21 PM, 11-Sep-13

kalu untuk larva bisa nga mas.

Thamrin pada 02:53 PM, 11-Sep-13

Suwun
SGt bermanfaat,...

MARGHARETHA pada 06:59 PM, 12-Sep-13

@Thamrin,
Oke sob

MARGHARETHA pada 07:00 PM, 12-Sep-13

@juhdi epindi3@g mail com.,
Belum pernah coba gan..

ivan_lonelyday099@yahoo.com pada 03:34 AM, 16-Sep-13

Klo tanpa menggunakan SOC , dan kotoran itu di fermentasi menggunakan air trs di masukan kedalam kolam gmn gan ?

MARGHARETHA pada 04:20 AM, 16-Sep-13

@ivan_lonelyday099@yahoo.com,
Gak bisa gan, harus menggunakan fermentator,
Tidak memasak kan menggunakan SOC.
Anda bisa pakai EM4 atau fermentator lainnya,,,

yusuf pada 05:19 PM, 20-Sep-13

boleh minta no hp nya gan saya mau berbincang lebih banyak

yusuf pada 05:24 PM, 20-Sep-13

fementasi dengan soc begitu cepat gan. saya pernah fermentasikan kotoran ayam jadi bokasi makan waktu sebulan dengan m4

MARGHARETHA pada 02:31 AM, 21-Sep-13

@yusuf,
iya gan saya juga pernah, untuk fermentasi membuat bokasi memang memang oke,,
Tapi sayang,, system pemasaran dan iming iming nya yang menyesatkan.......

ni gan nomerku +6285790544440

Rochman.sure1@gmail.com pada 07:42 PM, 25-Sep-13

Jadi yg lbh bagus untk permentornya pakai apa ni gan? Soc atau em4

MARGHARETHA pada 03:26 AM, 26-Sep-13

@Rochman.sure1@gmail.com,
Dua dua menurutku bagus gan,,
Cos em4 juga banyak yang pakai..
soc juga,

saffana.yane@gmail .com pada 05:08 AM, 26-Sep-13

kok mahal biaya y pakebiaya kan tu. rasanya kurang alami

silvana pada 04:51 PM, 27-Sep-13

boleh tau referensinya dari mana???

MARGHARETHA pada 05:54 PM, 27-Sep-13

@silvana,
Dari HCS dan kawan kawan peternek lainnya gan

silvana pada 02:39 AM, 30-Sep-13

HSC apa ya? ada referensi buku ga? mau saya coba angkat ke penelitian.

MARGHARETHA pada 06:13 AM, 30-Sep-13

@silvana,
Hcs pelatihan di peternakan dan pertanian..
Dan juga bisnis MLM/ MULTI LEVEL MARKETING

Monggo di baca di sini lebih jelasnya
www.margharetha.heck.in/terus-gue-harus-ngapain.xhtml

Mogo di pelajari dulu sistem bisnis hcs.
Jangan asal daftar jadi member dulu,
soalnya juga banyak korban MLM HSC

apri pada 10:25 AM, 04-Oct-13

gan soc itu belinya dmn di toko bahan kimia ada ga....

n nama lain yg lebih orang knl ada ga trus soc itu sama ga sama yg buat fermentasi tempe

samsuri pada 03:14 PM, 08-Oct-13

terima kasih. semoga Tuhan memberi imbalan yang jauh lebih baik daripada yang anda berikan

hendri.b@hotmail.co.id pada 09:17 AM, 09-Oct-13

bro kalau vesesnya kambing/ayam belum memakai soc bisangak y,karna br kemarin jd membr hcsnya.sedangkan saya adausaha ternak lele kmarin tgl.6oktobr panen tp merugi.mohon penjelasanya maturnuwun

nanang pada 06:12 AM, 11-Oct-13

perbandingan ukuran kolam sama kotoran ternaknya berapa ya?

joe evan pada 03:34 PM, 22-Oct-13

bagaimana cara membuat fermentasinya gan

joe evan pada 03:35 PM, 22-Oct-13

bagaimana cara membuat fermentasinya gan

Hary Hendrawan pada 06:07 PM, 24-Oct-13

Gan... Bs minta no hp nya? Kalo boleh saya mau bertanya2 masalah pakan dari kotoran sapi ini. Thanks. Email saya di hendrawanhary@gmail.com

boss besar pada 06:10 AM, 25-Oct-13

kl ayam memferntasikan biar bs d awetkan bs g caranya gmn

tuba pada 01:22 PM, 25-Oct-13

Kalau pkai pupuk kandang yg sudah difermentasi gimana?

Hendy pada 07:15 PM, 26-Oct-13

boleh nggak aku maen kerumah, boss. krn aku ingin belajar ternak lele, sekalian beli hcsnya. Boss, no hpnya berapa? ato kirim alamat email ku. hendyhernowo@ymail.com
thank s. GBU

MARGHARETHA pada 11:42 PM, 26-Oct-13

@Hendy ,
kalau mau ikut pelatihan hcs boz bayar 600 ribu udah dapat 1 paket produk.

tapi jangan lupa ini adalah bisnis MLM....
saya sekarang di palembang boz tepatnya di lubuk linggau

Hendy pada 03:01 PM, 27-Oct-13

Saya kira
boss ada di jawa timur.
kalo di malang ada ga stokist hcs? trims infonya

Mas'ud pada 12:58 PM, 05-Nov-13

Mohon maaf sebelumnya, apa sejenis multi level..? kok SOC/EM4 nya dipasaran tidak ada , kok harus memesan atau bergabung dulu ke MLM..??? mkasih

Nanang nurahman pada 10:00 AM, 07-Nov-13

Gan kalo ga ada ampas tahu , apa lagi yang bisa digunaiin

juliandrie22@yahoo.com pada 07:23 PM, 12-Nov-13

trimakasih banyak gan,,,,,,,suu' unn buanget..

MARGHARETHA pada 02:52 AM, 13-Nov-13

@juliandrie22@yahoo.com,
iya gan sama sama

MARGHARETHA pada 02:55 AM, 13-Nov-13

@Mas'ud,
kalau SOC MLM Gan...
tapi kalau em4di jual bebas di pasaran

hudi pada 09:52 PM, 16-Nov-13

biasanya em4 belinya dimana gan?? di toko obat pertanian ada gk??

MARGHARETHA pada 03:33 PM, 17-Nov-13

@hudi,
Biasanya ada gan

ghofur pada 01:45 PM, 25-Jan-14

berapa harga soc hcs per botol

muhammadislah46@gmail.com pada 08:05 AM, 13-Feb-14

untuk pembuatan pakan alami kira2 sampai panen butuh biaya berapa untuk 2000 lele

rizki_imanaputra@yahoo.com pada 04:21 AM, 17-Feb-14

tolong lebih detail lagi cara pembuatan makanannya,masalahnya disini takaran kurang jelas

dwi atmono. email : dwi.atmono.g@gmail.com pada 10:53 AM, 07-Mar-14

minta diberi tau jumlah dalam kg campuran pembuatan plankton dan campuran pembuatan pelet apung.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)